HOME > Java Android > Android Native > Apa itu Android?

Apa itu Android?

Pandhu Wibowo 17 Februari 2017
Java Android
Android Native

Oke lanjut setelah tadi saya kasih tau beberapa tools - tools untuk buat project android, sebelum lebih jauh saya mau kasih tau nih sedikit tentang apa si itu Android?.

Dari buku yang saya baca, salah satu bukunya berjudul "Let's Build Your Android Apps with Android Studio". Android adalah istilah dalam bahasa Inggris yang berarti "Robot yang menyerupai manusia". Logo Android sendiri, dicerminkan seperti sebuah robot berwarna hijau, yang mengacu kepada arti kata Android. Android adalah sebuah sistem operasi untuk smartphone dan tablet. Sistem operasi dapat diilustrasikan sebagai 'jembatan' antara peranti (device) dan penggunanya, sehingga dapat berinteraksi dengan devicenya dan menjalankan aplikasi - aplikasi yang tersedia pada device. Di dunia personal komputer, sistem operasi yang banyak dipakai adalah Windows, Mac, dan Linux.

Di dunia mobile device (smartphone dan tablet), sistem operasi yang menguasai pasar saat ini adalah Android. Menurut data market share dari Gartner, Inc. Pada pertengahan awal tahun 2013, Android memegang 79% market share smartphone di seluruh dunia. iOS yang merupakan sistem operasi dari iPhone menduduki peringkat kedua dengan 14,2%, lalu disusul Windows Phone diperingkat ketiga dengan 3,3%, dan Blackberry di peringkat keempat dengan 2,7% market share. Di dunia tablet, Android juga mendominasi dengan 56,5% market share, iOS dengan iPadnya kembali menduduki peringkat kedua dengan 40% market share.

Sedangkan http://www.idc.com juga memberikan persentase yang jauh berbeda pada tahun 2015. Android menduduki peringkat pertama dengan menduduki 82,8% market share di seluruh dunia, iOS menduduki peringkat kedua dengan persentase sejumlah 13,9% yang naik dari angka sebelumnya, yaitu 11,6%. Di peringkat ketiga diduduki oleh Windows Phone dengan persentase 2,6%. Kemudian disusul oleh Blackberry OS dan lainnya sebesar 0,3% dan 0,4%.

Sistem operasi Android dipakai oleh berbagai device smartphone dan tablet. HT*, H*2, S*ms*ng *a*axy T**, M**o*o*a D***d, dan So** E***ss** X*er** adalah beberapa contoh device yang menggunakan sistem operasi Android.

Android dikembangkan bersama - bersama oleh perusahaan - perusahaan yang tergabung dalam sebuah konsorsium bernama Open Handset Aliance (OHA). OHA dipimpin oleh Google dan didirikan bersama dengan perusahaan lainnya, dengan tujuan mengembangkan teknologi mobile device. Sekarang ini, anggota konsorsium sudah berjumlah 84 perusahaan yang bergerak di berbagai bidang, seperti pembuat device, semikonduktor, pembuat aplikasi, komersialisasi, dan mobile operator. Anggota konsorsium tersebut termasuk Google, HTC, Sony, Dell, Intel, Motorola, Qualcomm, Texas Instruments, Samsung Electronics, LG Electronics, T-Mobile Sprint Corporation, Nvidia, dan Wind River Systems.

Android adalah sistem operasi yang bersifat open source (sumber terbuka). Disebut open source karena source code dari sistem operasi Android dapat dilihat, di download, dan dimodifikasi secara bebas. Paradigma open source ini memudahkan pengembangan teknologi Android karena semua pihak tertarik dapat memberikan kontribusi baik pada pengembangan sistem operasi maupun aplikasi. Pada Oktober 2013, tercatat ada lebih dari 850.000 aplikasi Android yang tersedia di Google Play (dulu bernama Android market).

Dari 850.000 aplikasi tersebut, 700.000 diantaranya adalah aplikasi tak berbayar atau gratis, sedang sisanya adalah aplikasi berbayar. Kategori aplikasi yang paling populer adalah kategori hiburan dan personalisasi dengan hampir 90.000 aplikasi di kedua kategori tersebut. Aplikasi games diletakkan dalam kategori tersendiri yang dibagi berdasarkan genre seperti action, puzzle, dan sports dengan total lebih dari 100.000 aplikasi.

Bagaimana dengan di tahun 2015? Pada web http://www.statista.com, Android memiliki 1,6 juta apps yang didata hingga Juli 2015. Angka tersebut mengalahkan jumlah Apple Apps Store yang berjumlah 1,5 juta. Disusul oleh Amazon Appstore dengan angka 400.000, Windows Phone Store 340.000 dan Blackberry World sebesar 130.000.

Sedangkan berdasarkan kategori, Android mengalami perubahan pada kategori aplikasi paling populer. Pada November 2015, kategori apps paling populer diduduki oleh education dengan jumlah 145.883. Apps kategori ini terdiri dari 120.178 aplikasi gratis dan 25.705 aplikasi berbayar. Di peringkat kedua, diduduki oleh kategori lifestyle dengan angka 129.713.

 

Oke sampai disini aja karena udah malem dan sudah ngantuk banget, terima kasih sudah berkunjung di rootorial. Sampai bertemu di rootorial berikutnya. Semoga bermanfaat untuk kita semua, dan terima kasih untuk sumbernya. Thank you for your attention. :D 

Bisa dilihat dan didownload di :