HOME > Java Android > Android Native > Bagaimana dengan Sejarah Android?

Bagaimana dengan Sejarah Android?

Pandhu Wibowo 17 Februari 2017
Java Android
Android Native

Sejarah Android

Lanjut yang kemarin malam dengan sumber yang sama(lihat artikel sebelumnya aja ya). 

Pengembangan Android dimulai dengan berdirinya Android, Inc. pada Oktober 2003 dengan tujuan membuat mobile device yang lebih smart untuk menyaingi Symbian dan Windows Mobile yang populer saat itu (iPhone dan Blackberry belum dirilis). Pada tahun 2005, Android Inc. diakuisisi oleh Google. Pengembangan terus dilanjutkan sampai Android versi beta diluncurkan pada tanggal 5 November 2007, bersamaan dengan berdirinya OHA (Open Handset Alliance). Sampai saat ini, tanggal 5 November diperingati sebagai hari jadi Android. Seminggu setelahnya pada tanggal 12 November 2007 Android SDK (Software Development Kit) diluncurkan sehingga pengguna dapat membuat dan mengembangkan aplikasi Android mereka sendiri. Lalu sejak kapan Android memiliki versi? Dan apa kelebihan Android terbaru?berikut penjelasannya.

Versi Android

Pada tanggal 23 September 2008, sistem operasi Android versi 1.0 resmi diluncurkan. Sekitar sebulan berikutnya, pada tanggal 22 Oktober 2008, smartphone pertama yang menjalankan Android 1.0 itu, yaitu HTC Dream, diluncurkan ke pasar.

Pada tanggal 9 Februari 2009, Android versi 1.1 diluncurkan untuk memperbaiki bug dari versi sebelumnya dan menambah fitur yang tersedia. Detelah versi 1.1, rilis Android berikutnya menggunakan nama makanan manis dengan urutan alfabetis, dimulai dengan Android 1.5 Cupcake yang diluncurkan pada tanggal 30 April 2009.

Rilis - rilis Android selanjutnya, yaitu Donut, ...clair, Froyo, dan Gingerbread semua dibuat untuk smartphone. Namun, Apple meluncurkan iPad pada tahun 2010 dan meningkatkan ketertarikan masyarakat luas kepada komputer tablet. Beberapa pengembang Android untuk menyaingi iPad, seperti Samsung Galaxy Tab yang menggunakan Gingerbread yang dikustomisasi. Google dan OHA pun bergerak dengan melakukan pengembangan Android versi baru yang lebih optimal untuk tablet. Pada tanggal 22 Februari 2011, Android Honeycomb diluncurkan ke pasar dan pada tanggal 24 Februari 2011, tablet pertama yang menggunakan Honeycomb yaitu Motorola Xoom diluncurkan ke pasar.

Pada tanggal 19 Oktober 2011, Android meluncurkan Ice Cream Sandwich versi ini dapat bekerja secara optimal baik di smartphone maupun ditablet. Rilis Android berikutnya, yaitu Jelly Bean bertujuan untuk semakin meningkatkan apa yang sudah tersedia di Ice Cream Sandwich, dengan memperbaiki bug - bug dan menambahkan fitur - fitur.

Pada tanggal 3 September 2013, diumumkan versi Android selanjutnya adalah Android 4.4 Kit Kat. Android sudah mendapatkan izin dari Nestle dan Hershey selaku pemilik merek dagang Kit Kat. Sebelum pengumuman ini, banyak yang berspekulasi bahwa versi Android berikutnya akan diberi nomor 5.0 dengan nama Key Lime Pie. Berikutnya ada Lollipop, Marshmallow, dan sekarang yang terakhir adalah Nougat.

Nah itu dia sejarah singkat, semoga bermanfaat ilmu dan wawasannya untuk orang banyak. Terima kasih sudah berkunjung.

Bisa dilihat dan didownload di :