HOME > Java Android > Android Native > Perancangan Apps Android

Perancangan Apps Android

Pandhu Wibowo 21 Februari 2017
Java Android
Android Native

Mari melanjutkan yang tadi postingan sebelumnya, sekarang mari membahas tentang perancangan apps Android. 

Untuk memulai merancang aplikasi, Anda dapat mengakses halaman berikut https://developer.android.com/training/index.html. Di sana, Anda akan diberikan kelas pelatihan pengembangan Android dari kelas pemula yang mengajarkan Anda dasar - dasar pengembangan Android. Lalu, apa saja yang harus diperhatikan dalam membangun atau merancang Apps Android? Berikut adalah langkah - langkahnya : 

1. set up your environmenttentukan tools yang ingin Anda gunakan dalam merancang aplikasi. Setelah itu, silahkan download software yang Anda butuhkan. Misalnya, Android Studio dan SDK Manager, ADT Bundle, Eclipse, dan lain sebagainya.

2. creating an Android Project : inilah saatnya Anda melakukan pembangunan aplikasi. Tuangkan ide Anda dalam barisan  coding, pada tools yang sudah dipilih. Akan banyak halaman dan komunitas yang dapat memberikan ide atau sekedar berbagi, ilmu untuk Anda. Bahkan, developer.android.com sendiri banyak membagikan kursus - kursus singkat pada halamannya.

3. Lakukan running pada aplikasi yang telah Anda buat. Lakukanlah pada tools yang Anda gunakan, emulator, maupun pada perangkat/device Android.

4. Rancanglah antarmuka yang simple, menarik, dan user friendly. Anda dapat memainkan imajinasi dalam merancang layout, text field, recources, button, dan sebagainya.

5. Tambahkan inovasi - inovasi yang membuat tampilan aplikasi Anda lebih menarik.

6. Setelah Anda makin mahir, mulailah melihat kesempatan - kesempatan dalam merancang aplikasi yang dapat dijalankan pada perangkat Android dengan banyak bentuk dan ukuran.

7. Kelola activity lifecycle aplikasi Anda. Pelajari dasar - dasar activity lifecycle, bagaimana user  dapat meluncurkan aplikasi Anda. Pelajari apa yang akan terjadi jika activity di-paused(berhenti sebentar) dan resumed kembali. Pelajari jika user  meninggalkan activity Anda dan kembali lagi. Terakhir, pelajari apa yang akan terjadi jika activity Anda hancur dan bagaimana cara membangunnya kembali.

8. Selanjutnya, lakukanlah eksplorasi dalam membangun UI yang dinamis.

9. Pikirkan mengenai penyimpanan data user aplikasi Anda. Jangan sampai kemajuan yang telah dilakukan user Anda hilang. Hal ini sangat penting terutama pada aplikasi game.

10. Interaksi dengan aplikasi lainnya juga tidak kalah penting. Anda harus memikirkan bagaimana jika aplikasi Anda dijalankan bersamaan dengan aplikasi lainnya.

11. System permission. Anda harus mempelajari mengenai hak akses yang Anda butuhkan pada user Anda dan mengenai izin penggunaan data - data pribadi.

12. Selanjutnya, Anda dapat mengeksplorasi kemampuan Anda dalam  membangun aplikasi dengan menambahkan multimedia, grafik, animasi, location, dan maps ,dan sebagainya.

13. Dan, ketika Anda sudah mahir, cobalah untuk membangun aplikasi untuk smart TV dan Auto milik Android\

 

Oke, selesai sudah Perancangan Apps Android dari Let's Build Your Android Apps with Android Studio 

Semoga bermanfaat teman - teman.

Bisa dilihat dan didownload di :