HOME > Java Android > Android Native > Mengenal Intent bersama Android Studio

Mengenal Intent bersama Android Studio

Pandhu Wibowo 22 Maret 2017
Java Android
Android Native

Assalamu'alaikum wr. wb.

Selamat malam, selamat datang di rootorial. Malam ini saya akan share ke teman - teman tentang Intent di Android, apa itu yang disebut dengan Intent?Biasanya intent itu digunakan dimana? Kalau yang sudah expert di dunia Android Programming sudah sangat familiar, bagaimana dengan yang baru belajar? Nah, mari seret ke bawah scrollnya teman.

Intent biasanya digunakan untuk perpindahan antara activity satu ke activity yang lainnya. Seringnya kalau kita klik satu tombol atau icon pada android atau devicenya lalu ketika di klik, dibalik klik-an itu muncul page yang baru tau yang berbeda itu lah yang disebut dengan Intent. Intent dapat bekerja jika pada activity satu dengan activity yang lain dapat berkomunikasi, bisa dengan dengan menyentuh layar, dengan suara (semacam voice) agar dapat pindah ke activity yang lainnya, atau semacamnya. Nah mudahnya, intent itu memudahkan user untuk memindahkan layout satu dengan layout lainnya yang diatur oleh sebuah kelas dalam pemrograman android. 

(Gambar Intent) //Sumber : http://www.androidnajwa.net

Oke, coba lihat gambar dibawah ini, semoga semakin paham nih. 

(Gambar Intent) //Sumber : http://www.androidnajwa.net

Ada satu halaman di mana bisa saya sebut yang sebelah kiri sebagai halaman utama, selanjutnya kalau ingin ke halaman lain atau berikutnya hanya tinggal klik buttonnya, lalu halaman yang bertuliskan dengan halaman 1 muncul. Nah itulah yang disebut dengan Intent. Intent bisa berfungsi hanya berpindah dari halaman satu ke halaman yang lainnya tanpa membawa data, tetapi intent juga bisa berfungsi berpindah ke halaman yang lainnya dengan mengirimkan data ke activity/layout/halaman berikutnya.

Saya kira cukup untuk penjelasannya, sekarang mari kita coba buat Intentnya ya.

Scrollnya diseret terus ya ke bawah,

Seperti biasa teman - teman buat projectnya sampai ke workspacenya sesuai default yang sudah disediakan Android Studio-nya. Oya dalam tutorial ini masih akan terus memakai Android Studio ya teman - teman.

sampai bertemua gambar seperti ini : 

(Gambar workspacenya Android Studio)

Pada activity_main.xmlnya coba isi baris code sebagai berikut : 

yang berikutnya buat activity_kedua.xml untuk diisi sebagaii berikut.

Sekarang kita buka MainActivity.java

Selanjutnya yang terakhir biar dari activitynya bisa kembali lagi ke activity yang pertama buat aktifkan class di activity_kedua.javanya.

Intent yang saya berikan merupakan intent yang tidak mentransfer data dari activity sumbernya, namun hanya sebesar perpindahan acitivity saja.

nah sekarang mari di coba didevicenya masing - masing. Kalau ada pertanyaan bisa langsung komen di bawah saja ya. Kalau ada yang salah tolong koreksi. Siapa tau ada yang keliru. Sekian sharing dari saya, semoga bermanfaat dan selamat mencoba. Semoga berhasil.

 

Terimakasih sudah berkunjung ke sini.

Assalamu'alaikum wr. wb.

Bisa dilihat dan didownload di :