HOME > Java Android > Android Native > Membuat Aplikasi Webview di Android Studio

Membuat Aplikasi Webview di Android Studio

Pandhu Wibowo 26 Juni 2017
Java Android
Android Native

Selamat malam teman - teman, akhirnya setelah lama gak nulis dan berbagi ke teman - teman, bisa balik lagi di rootorial. Kali ini mau ngapain ya? Enaknya mau ngebahas tentang apa ya? Yang simple - simple aja. Hmmm.. sepertinya membahas tentang penggunaan Webview di android. Tetap sama software yang di gunakan menggunakan Android Studio versi yang udah update. 

Apa si Webview itu?

Webview merupakan suatu class pada aplikasi Android yang dapat menampilkan sebuah peramban Web pada aplikasi Android. Jadi webview seperti memunculkan halaman web di browser namun tidak memiliki fitur address bar untuk menampilkan alamat url, karena alamat urlnya sudah kita definisikan di dalam code. Webview hanya menampilkan halaman contentnya saja.

Kalau gitu langsung saja..

Membuat Aplikasi Webview dengan Android Studio

1. Klik start a new Android Studio untuk membuat project android baru.

2. Kemudian isi nama project aplikasi dengan package (harus unik).

3. Tentukan target SDK yang kalian inginkan

4. Setelah klik pada bagian Empty Activity, lalu Next.

5. Lalu di finish saja, tidak perlu di ganti lagi. 

 

Nah, kalau udah selesai build gradlenya. Sudah kelihatan tampilan workspace Android Studio-nya setelah itu ke bagian tampilan atau design, lalu cari Webview pada Pallete. Lebih enak drag and drop aja kalau tampilan, udah dikasih default. Nah kalau sesuaiin sama xmlnya tinggal pindah kebagian text-nya buat tambah - tambahin atribut yang lain. 

Setelah itu, ini penting buat terhubung ke internet temen - temen klik di bagian Android Manifest.xml buat tambahin permission Internet.

setelah itu pindah ke activity_main.xml

copy code ini disana

terus sekarang buka MainActivity.java, ketik code ini di dalam method OnCreate

 

code ini saya coba dari teknorial.com. Terima kasih sebelumnya sudah mau berbagi. Ini karena waktu itu ada project saya yang butuh webview (memang karena males aja si) oke intinya itu, sudah nyoba. Sekarang mau saya share ke temen - temen disini. Nah, kalau udah semua sekarang giliran di coba di device masing - masing atau pakai emulatornya. Kalau berhasil bisa kirim hasil screenshootnya di komen nanti. 

Oke, sekian dokumentasi dari saya, kalau ada yang kurang mengerti bisa komen, kalau ada yang mau benerin ada yang salah bisa kasih tau juga dikomen atau bisa kasih saran di halaman index ya.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba. Pamit. Sampai ketemu di tutorial berikutnya. Senang bisa berbagi ke teman - teman.

Bisa dilihat dan didownload di :