HOME > Java Android > Android Native > Retrofit 2 #2 : Parsing Data Json menggunakan Android Retrofit Api dan tampilkan di Recyclerview dengan Cardview

Retrofit 2 #2 : Parsing Data Json menggunakan Android Retrofit Api dan tampilkan di Recyclerview dengan Cardview

Pandhu Wibowo 31 Oktober 2017
Java Android
Android Native

Assalamu'alaikum

Siang teman - teman, melanjutkan untuk tulisan yang kemarin nih, mengenai retrofit 2 di android studio. Tulisan sebelumnyakan saya sudah bahas tentang mengenai API dan  JSON itu apa. Nah, kali ini saya mau sharing tentang retrofitnya nih. Mungkin kalau sempet waktu saya bisa ngasih contoh prakteknya kali. Waktunya terbatas langsung saja kali ya. Selamat membaca :)

3. RETROFIT

Retrofit adalah library Rest Client untuk android dan java dari squareup. Retrofit mengubah endpoint menjadi sebuah Java Interface API Service. Simplenya gini teman - teman retrofit ini yang mengelola data dari android ke apinya. Retrofit ini sudah sangat memudahkan kita dalam programming. Karena sebagai programmer yang pastinya tidak perlu lagi yang namanya membuat  method - method lagi untuk menggunakan REST Client API dari Backend. Kalau yang saya baca - baca nih dan hasil eksperimen, si Retrofit ini memparsing JSON response dari Web API menjadi Plain Old Java Object (POJO) sehingga akan memudahkan menggunakan value - value yang berada dalam response karena sudah otomatis terkonversi menjadi object. Dulu waktu waktu awal - awal tau soal API paling males kalau ngerjain yang namanya APInya, karena waktu pertama kali kenal syntaxnya itu ribet bgt, dan panjang, kalau yang pernah pake yang namanya Asynctask pasti tau. Nah, iya tuh kalau temen - temen coba deh yang namanya Asynctask itu-_-. Saya sendiri si tapi sudah males pakenya, sudah terlalu enak^-^.

(Sumber : http://shaoniiuc.com/wp-content/uploads/2016/12/hqdefault-800x457.jpg)

 

Di dalam retrofit2 ini temen - temen bisa ngejalanin request ke API dengan method GET, POST, DELETE, UPDATE dan lain - lain. Sisanya mungkin temen - temen cari tau lebih dalam lagi kali ya biar makin paham atas ke bingungan yang saya jelasin di atas. Oiya, sekarang retrofit udah update ke yang 2 ya. Biasanya di android studionya kalau ada update yang terbaru biasanya ngasih tau. Atau kalau temen - temen gak ada kabar untuk update yang terbaru bisa cek di configure dan cek update version.

Nah berhubung ini nanti di tampilin dalam bentuk Cardview, temen - temen coba belajar bagaimana buat RecycleView dan CardView ya.

Oke, langsung ke prakteknya aja nih. Buka android studionya 

1. Buka AndroidManifest.xml

Tambahkan ini di atas tag application temen - temen. Lalu setelah itu includekan gradle yang di butuhkan seperti di bawah ini : 

2. Buka build.gradle(Module: app)

3. Yang selanjutnya buka yang namanya activity_main.xml. Disini tempat dimana tag recycleView bekerja. Agar Cardviewnya nanti ada, bikin file xml baru lagi, namakan saja list.xml

4. Silahkan buat baru seperti instruksi di atas.

Nah kalau sudah siap untuk bagian xml-nya, sekarang segera buat file langsung ke bagian .java-nya. Oiya untuk API-nya silahkan klik link berikut ini. Api. Caranya agar APInya siap di pakai, biar gampang kita install dahulu saja di Android Studionya, caranya adalah : 

5. Buat directory baru namain saja model. Lalu di directory tersebut klik kanan >> new >> cari tulisan RoboPojo.... dibagian paling bawah biasanya. Terus abis itu tinggal di paste aja hasil API yang tadi copy, terus klik integrate kalau tidak salah. Coba di liat nanti isi di dalam model sudah tersedia. Namanya defaultnya Response

Biar makin yakin saya kasih source-codenya nih, coba di cek sama tidak.

Sama gak?

6. Langkah berikutnya buat yang namanya servicenya ya. Bikin class java-nya tapi tipenya Interface ya. Oiya ini namanya bisa ApiService.java

7. Sekarang buat untuk menyiapkan recycleviewnya dan cardviewnya. Sekalian udah GET data ke situ ya guys. RecyclerAdapter.java nama filenya.

8. File utamanya yaitu MainActivity.java

Sekarang tinggal di test di devicenya masing - masing ya, kalau ada yang kurang jelas bisa comment dibawah ya. Semoga bermanfaat. Seperti biasa tunggu tulisan saya berikutnya. Oiya ini baru GET data saja ya, mungkin lain waktu saya bisa share yang POST, UPDATE, DELETE-nya juga. 

Bisa dilihat dan didownload di :