HOME > Java Android > Android Native > Retrofit 2 #3 : Parsing Data Json menggunakan Android, Retrofit Api dan tampilkan di Toast

Retrofit 2 #3 : Parsing Data Json menggunakan Android, Retrofit Api dan tampilkan di Toast

Pandhu Wibowo 12 November 2017
Java Android
Android Native

Assalamu'alaikum teman - teman..

Baru bisa nulis lagi nih, kemarin - kemarin ga sempet untuk megang laptop. Oke kali ini masih sama, tentang Retrofit dan metodenya masih GET. Kali saya mau nampilin hasil jsonnya ke dalam toast. Pengertian - pengertian sebelumnya yang temen - temen gak tahu bisa di baca - baca tutorial sebelumnya ya. Karena tidak banyak yang akan saya jelasin mendingan langsung ke prakteknya aja kali. Seperti biasa temen - temen buka android studionya, bikin project kosong ya. Kalau udah coba buka api yang ada disini. 

API

Kalau sudah siap semuanya, let's coding!

1. Yang pertama dan utama jangan luma gradle retrofitnya di include dulu.

2. Sama include permissionnya juga jangan ditinggalin.

3. Buka link APInya, jsonnya kalian parsing ke dalam bentuk java. Coba mampir ke jsonshcema2pojo.org. Nah jsonnya itu di copy ke textarea yang berada di sebelah kiri, yang besar itu kotaknya. Di paste disana. Lalu di sebelah kanannya, ada banyak kebutuhan yang harus dipenuhi tuh. Untuk package sama class namenya kalau saya, saya default aja. Jadi temen - temen yang harus diikuti adalah : 

  • Target Language : Java
  • Source Type : JSON
  • Annotation Style : None
  • Terus untuk checkboxnya bisa di kosongin saja semuanya.

Setelah itu temen - temen checknya dengan klik preview, posisinya ada di paling bawah sebelum footer. Kalau sudah copy bagian setelah nama classnya artinya yang ini nih yang di copy : 

Oiya, yang file class javanya bisa dibikin setelah bikin directory baru saja ya, biar lebih terstruktur maksudnya.

>> Misalkan : 

  • app -> java -> com.example.root.apiretrofit->pojo->(baru nama file classnya)

4. Setelah itu temen - temen buat yang namanya directory server yang sejajar dengan directory pojo-nya ya. Buat file class lagi namanya server.java

5. Lalu buat file class lagi, tapi yang ini tipenya Interface ya, namanya RestAPI.java.

6. Kalau udah selesai semuanya, sekarang ke MainActivity.java. Sekarang kita mau tampilan datanya di sini

Nah kalau udah silahkan di coba, di saya berhasil. Yang teliti ya ngerjainnya. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba. Saya pamit dan sampai jumpa untuk tulisan saya berikutnya. 

Selamat siang dan semoga hari libur temen - temen menyenangkan.

#HappySunday

Wassalamu'alaikum

Bisa dilihat dan didownload di :