HOME > Python > Back End > Seri 1 Python : Mengenal Python sebagai bahasa keseharian coding Anda

Seri 1 Python : Mengenal Python sebagai bahasa keseharian coding Anda

Pandhu Wibowo 23 Juni 2018
Python
Back End

Assalamu'alaikum warrahmatullahi wabarakatuh, malem temen - temen..

Pada kali ini ada tutorial baru nih, kebetulan ini si project Saya lagi seru sama bahasa pemrograman Python. Dari pada hanya dipendem di laptop Saya dan pikiran Saya, lebih baik Saya bagikan disini sebagai sarana belajar Saya, hitung - hitung bikin dokumentasi hehe. Oiya ngomongin kelanjutan yang diblog itu nanti dulu ya. Ditunda dulu, Saya coba share sampai habis yang ini, atau gak nanti Saya selingi mengisi yang di tempat sebelah. 

Oke langsung aja, Apa si Python itu? Terus mungkin buat orang yang sulit paham belajar bahasa pemrograman ini termasuk bahasa pemrograman yang simple apa yang susah si? Terus benefit dibanding bahasa pemrograman yang lain gimana?

Nah, disini Saya coba jelaskan tentang bahasa pemrograman yang ini sedalam pengetahuan Saya dan waktu yang terbatas dalam menulis penjelasan ini ya. Terima kasih pengertiannya. 

Python merupakan bahasa pemrograman yang mendukung pemrograman berorientasi object. Python didistribusikan dengan beberapa lisensi yang berbeda dari beberapa versi. Tapi pada umumnya Python sendiri ini opensource, bisa dikembangkan oleh pengembang secara cuma - cuma. Walaupun cuma - cuma inget penjelasan sebelumnya tetap ada lisensinya ya. Bisa dipergunakan secara bebas dari cuma iseng - iseng aja belajar sampai nanti hasil jadinya di komersialkan. 

Cerita pengalaman menggunakan Python ini nih, Kenal sama Doi baru si emang, tapi baru kenal aja udah bikin jatuh hati. Hehe. Bahasanya gampang dimengerti, ringkas, gak sesulit bahasa pemrograman yang lain, kalau Saya bilang bahasanya manusiawi banget. Memang si Doi ini dikategorikan sebagai bahasa tingkat tinggi, artinya apa? Artinya si Doi ini bahasa pemrograman yang dibuat untuk mempermudah para pembelajarnya.

Saya kutip dari Wikipedia, menurut tingkat kedeketan Kita sama Doi dan bahasa pemrograman yang lainnya, bahasa pemrograman terdiri dari : 

a. Bahasa Mesin, nah ini bahasa yang jauh banget dari bahasa manusia, karena Kita sebagai Brainware memberikan perintah kepada komputer dengan memakai bahasa biner, contohnya 10101010101010. Nah kebayang kan interaksi sehari - harinya kaya gimana, pasti mantep tuh ngobrol sama komputernya. Lanjut.

b. Bahasa Tingkat Rendah, atau dikenal bahasa rakitan (bhs. Inggrisnya : Assembly). Ini sebenarnya Saya juga ga mengerti bahasa tingkat rendah itu, karena ketika Kita memberikan perintah ke komputer, kasih perintahnya pakai kode - kode singkat (kode mnemonic), contohnya kode_mesin| MOV,SUB,CMP,JMP,JGE,JL,LOOP,dsb. Pernah belajar waktu semester 5, alhamdulillah cuma lewat aja haha. Waktu itu belajar enak banget suer dosennya ngejelasinnya, tapi ketika tau bahasa pemrograman ini lumayan ribet, kenapa Saya bilang ribet? Karena jalanin logicnya yang banyak banget dan kalau nulis di komputer pun mungkin buat jalanin cetak aja bisa banyak, terus jalanin operasi matematika hmmm.. sudahlah next aja. Saya dukung pengembang ini untuk terus melestarikannya ya. Karena sudah ada yang lain jadi Saya ke yang lain aja hehe.

c. Bahasa Tingkat Menengah, nah kalau ini awal Saya belajar nih bahasanya pertama kali kenal dari bahasa tingkat menengah. Karena bahasa komputer yang memakain campuran instruksi dalam kata - kata bahasa manusia dan ditambah instruksi yang bersifat simbolik, contohnya {,},?,<<,>>,&&,||,dsb. Gitu temen - temen. Agak mendinganlah, manusiawinya, tapi jangan menganggap rendah dari bahasa mesin sampai tingkat menengah ini ya, karena masing - masing performanya sangat powerfull dibidangnya. Oiya ini contohnya bahasa pemrograman C. Ini bahasa pertama Saya waktu kenalan untuk buat program. 

d. Nah yang terakhir nih, kategori bahasa tingkat tinggi, kalau ini bahasanya bener - bener manusiawi. Bahasa komputer yang menggunakan instruksi atau perintah yang berasal dari unsur kata - kata bahasa manusia. Nahkan manusia kan. Contohnya begin, end, if, for, while, and , or, dsb. Komputer dapat mengerti bahasa manusia itu diperlukan program compiler atau interpreter. Banyak sekali bahasa yang digolongkan sebagai bahasa tingkat tinggi seperti Python yang nanti Kita akan bahas, lalu ada PHP, Javascript, Java, Kotlin, dsb. 

Paham temen - temen sampai disini? Paham aja ya biar bisa dilanjut, Hehe. Mungkin kalau temen - temen mau sejarahnya mungkin bisa baca - baca di yang lain. Lebih paham juga daripada Saya.

Nah kalau mau main - main ke websitenya juga ada, Welcome to Python. Python itu interpreted language. Jadi si Doi ini beda dengan bahasa C, kalau si C kan termasuk bahasa pemrograman yang compile language. Sebelum Kita running programnya, dicompile dulu semuanya dicek sampai selesai, errornya dimana, kalau ada error langsung dikasih diliat tuh sebelum nantinya ditampilin hasilnya. Kalau ga ada yang error nanti tinggal langsung pakai. Disebutnya dengan compile languageNah kalau Python bedanya tuh si Doi kan disebut Interpreted language, nanti pas Kita run doi cek setiap barisnya. Mungkin lebih jelasnya temen - temen bisa cari tau bedanya compile language dan interpreted language. Biar makin paham. Abis itu balik lagi deh kesini lanjutin bacanya. Lanjut. Udah pasti dong kalau interpreted language artinya si Doi butuh interpreternya, nah cara dapetinnya gimana? Temen - temen klik link yang udah Saya kasih tuh. Itu nanti mengarah ke websitenya si Doi. Nanti temen - temen kalau sudah download, setelah itu diinstall deh. Kalau mau nyobain liat tampilan pertama si interpreter itu kaya gimana? Kaya gini nih : 

a. Buka terminal atau command prompt bagi pengguna Windows, karena Saya pakainya Linux. Kalau pengguna Linux apalagi Ubuntu cukup tekan Shift+Alt+T. 

b. Oiya sebelum keperintah berikutnya. Mau ngasih tau nanti interpreter tersebut dari pihak pengembang Pythonnya, dikasih dua pilihan mau pakai Python versi 2.7 atau versi 3 keatas. Karena diantara mereka memiliki perbedaan. Sedih ya masih dibedain. Makin banyak aja buat belajar. Hehe. Kalau Saya pribadi pakai Python versi 3, kenapa? Lebih familiar aja dokumentasinya walaupun sebenarnya Saya juga install juga yang versi 2.*-nya.

c. Balik lagi ke terminal, kalau udah muncul terminalnya, sekarang tinggal ketik "Python3". Hasilnya dibawah ini : 

Itu dia temen - temen muncul seperti itu interpreter. Nah disitu sebenarnya udah bisa buat program. Misalnya Saya mau buat operasi hitung - hitung sangat sederhana seperti 1 + 1 = 2. Nih liat hasilnya, simple banget. 

Gimana mudah gak? Manusiawi banget, tapi kalau temen - temen mau tau sebenarnya basic pembuatan si Doi ini juga dari C loh. Jadi berbanggalah kalian C Programmer, kalian memudahkan Kami. Haha. Interpreternya dari C, terus dikembangin biar lebih mudah deh. Nah siapa pencetusnya? Kalau kalian mau tau namanya Guido van Rossum.

Image result for guido van rossum

Beliau membuat bahasanya tuh biar lebih mudah dimengerti, fleksibel, dan manusiawi kali, hehe. Silahkan berterima kasih kepada orang cerdas ini. Terima kasih Mr. Selain si Doi juga menggunakan intrepreter, orang jadi bisa membuat yang namanya package. Package ini yang membuat Python  jadi sangat powerfull. Kaya misalnya si Doi ada web framework namanya Django, Django ini jadi powerfull untuk pembuatan Web. Selain itu, karena Python ini secara struktur mirip - mirip sama matlab, jadinya si Python juga masuk - masuk ke ranah analisis sains. Nah jadinya support juga tuh, udah gratis, relatif gampang dimengerti, bisa ke sains juga hmmm gimana?. Pengalaman Saya udah pernah pakai untuk pinjem APInya Twitter untuk data mining, lalu face recognition yang sekarang lagi Saya jalanin, pernah nyoba bikin web pakai Django, dll. Jadi selain support di web, support juga untuk yang lain. 

Secara ranking gimana? Sumber dari Redmonk.

Gimana? Tinggi juga kan? Walaupun memang si sekarang Javascript lagi booming banget di dalam Indonesia bahkan dunia. 

Oke temen - temen sekian dari Saya nih, next mungkin Kita cara install dan sampai menggunakan interpreternya ya. Selamat membaca dan semoga menambah wawasan temen - temen. Semangat. Koreksi Saya kalau ada yang keliru. Terima kasih.

Wassalamu'alaikum warrahmatullahi wabarakatuh.

#HappyCoding

#HappyWorking

#HappyHoliday

Bisa dilihat dan didownload di :