HOME > Python > Back End > Seri 4 Python : Cetak, Numbers, dan Operator (2)

Seri 4 Python : Cetak, Numbers, dan Operator (2)

Pandhu Wibowo 26 Juni 2018
Python
Back End

Assalamu'alaikum warrahmatullahi wabarakatuh, selamat malam temen - temen..

Maaf kemarin kepotong tutorialnya karena emang udah ngantuk banget didepan laptop hehe. Sekarang saya mau lanjutin lagi nih tentang Operasi Perhitungan, nanti dilanjut lagi bahas tentang tipe data yang ada di Python nih.

3.4. Operator Logika

Siapa disini yang masih asing dengan operasi ini? Saya yakin si udah banyak yang tau sama ini. Operator logika digunakan untuk operasi yang logika namanya juga logika hehe. Contohnya seperti OR, AND, dan NOT. Biasanya digunain dimana si? Biasanya paling sering digunakan bila di dalam proses itu terjadi yang namanya dua kondisi atau lebih. Nanti juga akan dibahas tentang kondisi - kondisi yang ada di dalam Python. Sekarang Kita bahas ini dulu ya. 

Biar lebih mudah saya tampilkannya didalam tabel dan akan ditambah beberapa contohnya. 

No Operator Simbol
1 AND and
2 OR or
3 NEGASI not

Nah biasanya seperti itu, sekarang di Python dipermudah karena mungkin memang ingin menggantikan kebiasaan lama dan juga sebagai perbandingan dengan bahasa yang lain, makanya dibuat seperti itu. Hanya spekulasi untuk jelasnya saya belum baca kenapa creatornya buat seperti itu. 

Oya contohnya, 

a) Logika AND

b) Logika OR

c) Logika NOT

Keterangan : 

i. Logika AND => Cirinya adalah kalau valuenya benar dengan benar atau true dengan true. Dua - duanya harus bernilai True. kalau salah satu saja sudah False maka hasilnya akan False terus walaupun salah satu dari dua kondisi tersebut bernilai true. Kalau dilihat dengan table kebenaran kaya gini temen - temen : 

Kita pakai kondisi yang sama aja ya, 

a = True

b = False

a b hasil
true false false
false true false
false false false
true true true

ii. Logika OR => Nah kalau ciri dari logika OR adalah cukup salah satu dari 2 variabel tersebut bernilai True, itu sudah cukup bisa menghasilkan nilai tersebut menjadi True. Nah gimana tabel kebenarannya kalau untuk logika OR, seperti ini temen - temen : 

a b hasil
true false true
false true true
false false false
true true true

Paham temen - temen?

iii. Logika NOT => Bagaimana dengan logika not ini, kebalikan dari variabel yang telah diberi nilai saja. 

a negasi hasil
true not (artinya di negasikan) false
false not (artinya di negasikan) true

3.5. Operator Ternary

Operator ternary juga dikenal dengan operator kondisi. 

kamu lagi jatuh cinta? iya : engga

misalnya gitu.

Sebenarnya saya juga jarang pakai jadi lupa lupa inget, tapi ini efektif untuk bikin codingan Kita jadi ringkas, dibandingkan dengan menggunakan kondisi if biasa. 

Kondisinya gini temen - temen,

<nilai true> if <value> == <pembanding> else <nilai false>

Contoh : 

Contoh lain : 

Seperti itu temen - temen, sudah kali ya sampai disini dulu. Temen - temen mungkin bisa explore lagi tentang 2 hal diatas nanti bisa kasih komentar di bawah biar saya juga tahu. Oke? Selamat mencoba semoga bermanfaat.

Selamat malam, terima kasih.

Pamit. Wassalamu'alaikum warrahmatullahi wabarakatuh.

Bisa dilihat dan didownload di :