HOME > Python > Back End > Seri 5 Python : Mengenal Tipe Data pada Python

Seri 5 Python : Mengenal Tipe Data pada Python

Pandhu Wibowo 27 Juni 2018
Python
Back End

Assalamu'alaikum warrahmatullahi wabarakatuh, selamat malam temen - temen

Setelah saya selesai membayar hutang saya karena sempat ke tunda untuk menyelesaikan tulisannya tentang operator (kalau ada yang kurang paham bisa tanya dikomentar ya temen - temen. Sekarang materi lanjut dengan yang baru dan fresh, yaitu tentang tipe data yang ada di python. 

PENGERTIAN TIPE DATA

Menurut kalian apa itu tipe data? Yang tau bisa langsung komentar dibawah tulisan ini ya. Saya ambil dari beberapa sumber nih, nanti temen - temen mungkin bisa menyimpulkan sendiri dan mengerti apa itu tipe data.

1. Dari belajarpython.com nih, menurut mereka tipe ada itu merupakan media atau tempat penyimpanan pada komputer yang digunakan untuk menampung informasi.

2.  Dari Wikipedia, Kalau doi bilang tipe data adalah klasifikasi data yang mengenalkan kompilator atau penerjemah bagaimana programmer bermaksud untuk menggunakan data. Mantap. Baku bangetkan, paham gak? Jadi seperti ini maksudnya dari penjelasan di atas adalah tipe data tersebut dapat dikelompokan berdasarkan jenis masukkannya. Jenis masukkannya bisa macem - macem bisa angka, huruf/karakter, sampai string. Nah biar sejalan biar programmer sama komputer tidak timpang tindih. Yang dimaksud sama programmer apa, yang ditangkap sama komputer apa. 

Dua juga sudah menjawab sepertinya. Kalau Kita bandingkan dengan bahasa pemrograman yang lain nih temen - temen, tipe data pada python punya keunikan tersendiri. Coba mari sama - sama Kita cek tipe datanya ada dibawah ini.

Pada lazimnya, asiikk, biasanya jenis tipe data primitif. Nah jenis - jenis itu ada : 
a. Tipe data angka
b. Tipe data teks
c. Tipe data boolean
 
a. TIPE DATA ANGKA
i). int : tipe data yang nilainya itu menjadi riil atau bilangan asli, tidak menghasilkan nilai yang pecahan. Temen - temen pasti tau lah bilangan pecahan dan bilangan asli tuh seperti apa. Contohnya nih 1,2,3,4,5,6,7,8,9, ..., dsb. Bukan yang belakangnya ada koma - komanya.
ii). float : tipe data yang nilainya itu pasti dalam bentuk koma atau desimal. Contohnya tuh 1.0,2.0,3.0,4.0,...,dsb. Walaupun akhirannya itu nol, buat Kita pasti tidak usah ditulis, tapi untuk komputer pasti walaupun itu berakhiran nol pasti tetap ditulis. Jadi temen - temen harus bisa bedain juga mana yang int dan mana yang float.
b. TIPE DATA TEKS
i). char : tipe data ini biasanya hasilnya menghasilkan keluarannya seperti ini, contohnya 'R'. Itu merupakan nilai dari tipe data char.
ii). string : nah kalau ini tipe data yang masukkannya banyak lebih dari satu karakter. Contohnya, "Selamat datang di rootorial". Coba hitung index yang terdapat pada setiap kolom pada teks tersebut. Oiya spasi juga termasuk masuk hitungan dalam tipe data ini kalau mau tahu seberapa panjangnya suatu tipe data.
c. TIPE DATA BOOLEAN
Tipe data ini menghasilkan keluaran hanya 2 saja, yaitu True atau False. Bisa ditulis atau bisa kita asumsikan dengan bilangan biner 0 dan 1. Terdengar seperti int kan? Tapi itu memang bisa dipakai untuk tipe data boolean.

Contoh program dari suatu tipe data : 

KONVERSI TIPE DATA

Kalau dibahasa pemrograman Java disebutnya parsing tipe data, jadi biar tahu jenis tipe data apa yang akan dikenali sama komputernya.

Contohnya 

Bagaimana sudah paham belum temen - temen? Manusiawi banget kan hhaha.

Nah dalam python juga sudah disediakan banyak function untuk merubah suatu tipe data, diantaranya : 

  • int() => untuk mengubah menjadi tipe data integer
  • long() => untuk mengubah menjadi tipe data integer panjang
  • float() => untuk mengubah menjadi tipe data float
  • bool() => untuk mengubah menjadi tipe data boolean
  • chr() => untuk mengubah menjadi tipe data karakter
  • str() => untuk mengubah menjadi tipe data string
  • bin() => untuk mengubah menjadi tipe data biner
  • hex() => untuk mengubah menjadi tipe data hexadesimal
  • oct() => untuk mengubah menjadi tipe data oktal

Terakhir sebelum penutup sekarang giliran temen - temen nih coba bagaimana dari jenis tipe data dibawah ini. Ini bagian temen - temen yang periksa. Kata kuncinya menggunakan function type().

Fungsi itu pokoknya berguna untuk memeriksa tipe data apa yang sedang digunakan.

Oke cukup sekian sharing - sharing dari Saya. Pamit. Terima kasih telah membaca, dan selamat belajar.

Wassalamu'alaikum warramatullahi wabarakatuh.

Refrensi : Petani Kode

Bisa dilihat dan didownload di :